Rabu, 23 Maret 2011

Ekonomi Perencanaan


Apa itu Ekonomi Perencanaan?

            Perencanaan merupakan suatu proses yang berkesinambungan yang mencangkup keputusan- keputusan atau pilihan – pilihan berbagai alternatif penggunaan sumberdaya untuk mencapai tujuan – tujuan tertentu pada masa yang akan datang. Berdasarkan definisi diatas berarti ada empat elemen dasar perencanaan yaitu :

            Perencanaan sebenarnya merupakan suatu proses yang berkesinambungan dari waktu ke waktu dengan melibatkan kebijaksanaan dari pembuat keputusan berdasarkan sumber daya yang tersedia dan disusun secara sistematis.

            Perencanaan sering disamakan dengan system politik suatu negara kapitalis, sosialis dan campuran. Setiap campur tangan pemerintah dalam masalah ekonomi diartikan juga sebagai perencanaan. Oleh sebaba itu perencanaan dapat dikatakan sebagai teknik atau cara untuk mencapai tujuan dan sasaran tertentu yang telah ditetapkan sebelumnya serta telah dirumuskan oleh badan perencana pusat.

            Ekonomi berencana berarti ekonomi dimana setiap unit produksi hanya memanfaatkan sumber daya manusia, bahan baku, dan peralatan yang dialokasikan dengan jumlah tertentu dan menjual produknya hanya kepada perusahaan atau perorangan yang ditunjuk oleh pemerintah.
           
Meskipun tidak ada kesepakatan diantara para ekonomi, mereka tetap sependapat bahwa istilah perencanaan ekonomi mengandung arti pengendalian dan pengaturan perekonomian dengan sengaja oleh pemerintah untuk mencapai sasaran dan tujuan tertentu didalam jangka waktu tertentu pula. 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | free samples without surveys